Nasi Pecel Madiun

Nyaris tiap wilayah di Pulau Jawa, spesialnya Jawa Timur mempunyai versi pecel tiap- tiap. Tetapi, yang terdapat di Madiun ini sedikit berlainan, bagus dari bagian materi ataupun lauk. Bila di wilayah lain berkuasa dengan sayur- mayur hijau, pecel di kota itu diberi bonus bunga turi, ialah semacam lalapan bercorak putih yang amat disukai warga Jawa.

Lauknya juga bukan rempeyek ataupun tempe, melainkan lempeng nama lain kerupuk nasi. Walaupun begitu, konsumen leluasa memilah lauk bonus, semacam ketahui, telur dadar, ikan, ayam goreng, sate telur pikau, batin ampela serta serupanya. Umumnya, persembahan ini dipresentasikan dalam suatu pincuk dari daun pisang.

Jadi, nasi diletakkan pada media itu, kemudian berbagai sayur- mayur ditumpuk di atasnya. Terakhir, disiram dengan sambal kacang serta diberi lauk. Bumbunya sendiri dibuat dari kacang tanah, cabe, kunyit, jahe, gula aren serta bahan rahasia yang diterima dari formula turun temurun. Sedemikian itu dikecap lidah, kombinasi keenakannya amat terasa.

Kuliner ini dapat ditemui di Jalur Cokroaminoto, Jalur Pemimpin Bonjol serta dekat Alun- alun Madiun. Sebagian pedagang pula terdapat yang menawarkan bahan pecel bagaikan bawaan, dihargai dengan harga mulai dari Rp30. 000,- atau balut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *